Blog Buat Belajar

SEO, Blogging, Affiliate Marketing

Setelah Sekian Lama

- Posted in Catatan by

Waktunya awal baru di tahun baru 2021, blog utama udah terinstall dengan baik dan siap untuk artikel baru. Btw, blog utama dengan blog ini berbeda hosting, awalnya pengen satu hosting aja, tapi karena ada masalah yang diceritakan disini, jadilah blog ini dihosting menggunakan salah satu provider hosting dari Netherlands.

Ternyata tahun 2020 sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya karena hanya ada satu blog post yang saya buat itupun mungkin karena terpaksa untuk mengikuti kontes SEO.

Setelah Sekian Lama - Pakai Cloudflare sekarang pake backblaze juga

Kalau di ingat-ingat, blog ini tujuannya emang untuk mengikuti kontes seo, makanya kalau tidak ada kontes seo yang saya ikutin. Blognya jadi ikutan sepi, emang ada ide sih untuk membuat agar blog ini jadi rame adalah dengan menambah artikel-artikel tentang seo. Tapi sampai saat ini belum terealisasi.

Update HTMLy

CMS HTMLy update setelah sekian lama dan harus diapresiasi dengan meng-update ke versi terbaru. Ada beberapa perbaikan untuk theme dan celah keamanan.

Karena update tentang theme, maka theme inipun gambar logo dan favicon-pun ikut terupdate (downgrade) ke gambar default. Saya harus upload ulang gambar tersebut agar sinkron dengan logo dan favicon lama saya.

Tentang Backup HTMLy

Selama ini saya lebih sering membackup blog menggunakan fitur hosting/cpanel/directadmin yang meng-compress semua file htmly dari blog ini jadi satu.

Beberapa saat belakangan saya juga membuat backup menu yang ada di HTMLy sendiri, tapi setelah dibandingkan fitur backup dari HTMLy cuma membackup folder content dan images. Ini sebenarnya udah cukup untuk backup biasa.

Nah bagaimana jika blog ini memiliki theme yang sudah di rombak atau theme baru yang dibuat sendiri atau punya orang lain? Dan tiba-tiba hosting tidak bisa diakses atau ada masalah lain?

Jadi karena pertimbangan ini, saya tetap menggunakan cara backup full untuk folder HTMLy walau bagaimanapun file dari blog cms HTML ini cukup kecil, dan biasanya yang membuat folder blog membengkak karena banyaknya gambar.

Mulai menghosting gambar di Cloud

Sebenarnya saya udah mulai menggunakan fasilitas hosting gambar di cloud secara gratis di blog utama dengan menggunakan salah satu cdn image dari cloudimg.io

Ada beberapa CDN image yang sudah saya gunakan saat ini seperti optimole, shortpixel, cloudimg, cloudinary dan ada beberapa lagi yang mungkin kelupaan karena jarang dipakai. Tapi empat yang sebutkan sebelumnya adalah beberapa CDN yang saya gunakan pada blog wordpress, karena otomatis meng-conversi gambar ke versi yang lebih teroptimisasi.

Terakhir saya menggunakan perpaduan antara CDN dari cloudflare dan backblaze s3 yang keduanya gratis. Mungkin opsi terakhir akan saya gunakan untuk blog ini.

Jadi dengan menyimpan gambar di cloud, proses backup blog ini menjadi lebih mudah dan cepat. Karena gambar yang dihosting sudah ada dicloud.

Blog ini juga sudah disupport oleh disqus untuk menampilkan related post, tapi karena kebanyakan artikel blog ini tidak memiliki gambar jadi tampilannya kurang estetik.

Comments