Blog Buat Belajar

SEO, Blogging, Affiliate Marketing

Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia

- Posted in Review by

Lagi nyari hosting yang handal dengan harga bersahabat? Kebetulan pada artikel kali ini maz Eka lagi ingin membahas Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia. Ada banyak jasa hosting yang ada saat ini, baik itu penjual hosting dalam negeri maupun hosting luar. Kebanyakan para pengguna jasa hosting ini adalah user wordpress yang biasanya migrasi dari platform blogger maupun yang baru ingin langsung belajar wordpress self hosting atau yang ingin migrasi dari hostingnya yang lama.

Sebelum melangkah lebih lanjut tentang hosting murah, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu tipe-tipe hosting berdasarkan layanan, penyimpanan dan service yang akan anda dapatkan.

Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia

Dengan mengetahui perbedaan dari hosting berbayar kita bisa memilih mana produk yang cocok dengan kondisi website/blog anda saat ini. Ada yang baru mulai mempelajari wordpress self host, ada yang sudah memiliki artikel yang cukup banyak dan ada juga yang membutuhkan performa yang kuat dikarenakan pengunjung website yang banyak.

Jenis-jenis Hosting Berbayar

Saat membangun blog yang nantinya diharapkan memberikan hasil yang maksimal tentunya memilih jenis hosting yang pas berdampak pada hasil yang nantinya kita harapkan. Dibawah ini saya jelaskan secara singkat dan padat perbedaan masing-masing layanan hosting. Agar anda bisa memilih mana yang terbaik bagi anda dan bisnis anda.

1. Shared Hosting

Hampir sebagian besar penyedia hosting lokal menyediakan paket hosting shared. Shared disini bisa langsung diartikan secara harfiah yaitu berbagi. Jadi bila anda memesan hosting jenis anda, anda akan dimasukkan kedalam sebuah server yang telah ditentukan dimana ada beberapa website (bisa puluhan bahkan ratusan website) yang berbagi sumber daya yang sama seperti CPU, Ram, Inode, Diskspace dan Bandwidth.

Shared Hosting

Hosting jenis ini biasanya memiliki harga yang paling murah diantara jenis hosting dengan tingkatan diatasnya, karena penyedia server (jasa penyedia hosting) bisa menekan harga karena jumlah user yang bisa dimasukkan kedalam server bisa banyak sampai batas maksimal server itu sendiri. Sehingga kadang ada hosting yang tidak melihat batas tersebut yang membuat performa website pengguna jasanya menjadi lemot dan susah diakses.

Tips menggunakan shared hosting : Karena saya juga adalah salah satu penggemar shared dengan hosting dengan alasan harga yang murah dan bisa muat beberapa website, jadi tips yang saya berikan murni dari pengalaman saya ngeblog dan menggunakan hosting dari tahun 2008.

  1. Pilih penjual hosting yang memiliki nama dan reputasi yang baik diantara pemilik blog. Track recordnya bisa dibaca di forum-forum seperti ads.id, diskusiwebhosting, kaskus, dsb.
  2. Bila memungkinkan bayar bulanan untuk hosting yang baru anda coba. Saya adalah tipe pengguna jasa hosting yang jarang membeli tahunan untuk webhosting yang belum saya ketahui performanya. Kecuali jika ada hosting yang memberikan diskon besar-besaran untuk waktu-watku tertentu. Itupun tidak banyak blog yang akan saya tempatkan disana.
  3. Bayar tahunan jika anda sudah mencoba hosting tersebut atau mendapatkan rekomendasi langsung dari teman/kenalan yang sudah memakai jasa mereka sejak lama. Karena biasanya harga tahunan lebih murah dari harga bulanan.
  4. Sempatkan untuk membaca TOS/syarat dan ketentuan dari setiap hosting, karena berbeda hosting berbeda pula peraturan yang ditetapkan. Misalnya ada shared hosting yang memberikan diskspace unlimited tapi dibatasi dengan inodes (jumlah file).
  5. Jangan memasukkan semua blog yang anda miliki disatu hosting. Pisahkan beberapa blog di hosting lain atau paket lain jika anda belum percaya hosting lain. Karena jika terjadi sesuatu dengan blog anda, tidak semua blog yang anda miliki akan terkena dampaknya.
  6. Apakah nanti bisa diupgrade? Seiring waktu penambahan space akibat bertambahnya database dan file terutama gambar tentunya menggerus diskspace hosting kita. Dan juga penambahan pengunjung yang kian banyak beriringan dengan kepopuleran blog anda dimata pengunjung dan google tentunya. Pastikan jika anda ingin tetap menggunakan jasa hosting tersebut apakah mereka menyediakan layanan upgrade kepaket lebih besar? Atau jika memilih layanan dengan paket lain seperti vps apakah mereka akan membantu migrasinya? Karena anda bisa menghemat waktu dengan adanya fitur ini.

Untuk harga dari shared hosting itu sendiri sangat bervariasi tergantung dari penyedia webhosting itu sendiri, bandwidth, diskspace yang disediakan dan addon domain yang diberikan.

2. Reseller Hosting

Satu tingkat diatas shared hosting, reseller hosting ditujukan untuk penjual hosting atau pengguna yang ingin memiliki sumber daya yang lebih besar seperti diskspace dan bandwidth. Hosting ini bisa dibagi-bagi menjadi paket yang lebih kecil/shared hosting untuk dijual kembali kepada end-user.

Biasanya penjual hosting adalah reseller dari hosting besar lainnya atau hosting luar negeri, walaupun banyak juga yang memiliki server sendiri dari dedicated hosting.

Pengguna biasa juga bisa memanfaatkan fitur dari reseller hosting untuk memanage beberapa blog yang dimiliki dengan harga yang terjangkau dibandingkan membeli beberapa shared hosting.

3. Cloud Hosting

Saat ini banyak service yang menyediakan jasa awan/cloud, tapi apa sebenarnya definisi dari cloud itu sendiri. Bahasa sederhananya, cloud hosting memungkinkan file anda server berada diberbagai negara diseluruh belahan dunia.

Keuntungannya adalah anda bisa dengan mudah mengakses file, karena request yang anda minta ke server akan dihandle oleh server yang terdekat dari IP atau negara koneksi internet anda.

Nah sama seperti definisi cloud tersebut, cloud hosting memungkinkan anda memiliki website dengan performa tinggi. Saat ini belum semua penyedia hosting yang menyediakan cloud hosting karena harganya lebih mahal dari hosting biasa. Tapi jangan salah cloud hosting ada juga sharednya juga lho dibeberapa hosting dalam negeri.

4. VPS Hosting

VPS hosting konsepnya mirip shared hosting tadi, artinya dalam sebuah server yang besar (dedicated hosting) dibagilah beberapa virtual private server yang memiliki IP sendiri yang bisa diinstall OS apapun yang diinginkan oleh usernya.

VPS memiliki CPU yang dedicated atau hanya virtual CPU saja (vCPU), RAM, Diskspace yang sudah dibagi-bagi berdasarkan spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh pemilik jasa hosting.

Kebanyakan VPS di install OS Ubuntu Server, Debian untuk keperluan web server dan juga ada yang menginstall VPS dengan OS Windows untuk menjalankan program bot, aplikasi windows yang membutuhkan koneksi cepat dan juga web server bawaan Windows sendiri.

Harga dari VPS pun beragam, ada yang $1/per-bulan sampai puluhan dolar perbulannya. Untuk penjual hosting di Indonesia rata-rata menjual VPS linux dengan kisaran harga 70rb-150rb untuk spek menengah.

5. Semi Dedicated Hosting

Dari referensi yang saya baca dan beberapa forum, semi dedicated hosting ini sebenarnya mirip dengan shared hosting. Hanya saja resource yang disediakan dedicated buat anda sendiri. Sehingga ketika ada kelebihan beban pemakaian, pihak hosting tidak langsung men-suspend layanan anda.

Tapi ada pula yang menyebuat semi dedicated hosting dengan VDS kepanjangan dari virtual dedicated server.

Jika ada pihak hosting yang menyediakan jasa ini, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu jenis hosting apa yang mereka sediakan, jadi anda bisa tahu apakah hosting ini sesuai dengan kebutuhan anda nantinya.

6. Dedicated Server

Jika anda sudah mengetahui seluk beluk pengaturan server fisik dan memilki kebutuhan untuk itu, saat itulah anda bisa beralih ke dedicated server.

Dedicated server adalah server fisik yang berdiri sendiri terpisah dari server lainnya yang disediakan oleh pihak hosting. Biasanya penyedia hosting sudah menyediakan OS yang diinginkan beserta akses root/administrator untuk mengelola server tersebut.

Dedicated server biasanya digunakan untuk menampung website dengan trafik dan penggunaan resource yang tinggi yang tidak sanggup lagi ditampung oleh shared hosting maupun VPS.

Untuk harganya berkisar 500rb sampai diatas 1 juta rupiah.

Keuntungan Menggunakan Hosting Indonesia

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan hosting yang providernya berasal dari Indonesia.

Hosting Terbaik untuk Blogger Indonesia

  1. Cara pembayaran yang mudah, karena sama-sama berdomisi di wilayah Indonesia. Tentunya pihak hosting dalam negeri menyediakan jenis pembayaran menggunakan bank seperti BCA/Mandiri/BNI/BRI dan sebagainya. Selain juga menyediakan pembayaran menggunakan mata uang dolar seperti paypal/bitcoin dan kartu kredit.
  2. Dukungan teknis dan bahasa, bagi yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus akan grogi bisa harus chat atau membuka tiket support dengan bahasa Inggris. Hal ini tentunya tidak akan terjadi jika kita menggunakan jasa hosting dari dalam negeri. Anda bisa bertanya tentang permasalahan, keluhan dan memberikan saran dengan bahasa Indonesia.
  3. Lokasi perusahaan yang dekat, untuk lokasi ini sendiri sebenarnya masih bisa dibilang dekat. Untuk daerah Jogja sendiri, dimana saya tinggal ada beberapa layanan hosting seperti Rumahweb, Qwords, Domainesia dll. Anda bisa menyambangi kantornya langsung untuk beli hosting atau sekedar bertanya tentang layanan hosting mereka miliki. Dan kalau beruntung ada diskon bagi pengguna yang datang langsung ke kantor mereka.

Daftar Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia

Berikut saya berikan daftar penyedia hosting murah dan terbaik di Indonesia. Disclaimer : Urutan hosting dibawah ini bukan berdasarkan dari yang terbaik tapi hanya berdasarkan rekomendasi saya saja. Review mengenai hosting-hosting ini akan kami bahas satu persatu baik di artikel ini maupun di artikel mendatang.

1. Tasik Host

Tasik Host adalah salah satu hosting yang servernya di dukung oleh Cloud computing. Adapun layanan dari Tasik host sendiri terdiri dari Shared Hosting, Reseller Hosting, Cloud Hosting, SSL Certificates dan Pendaftaran Nama Domain.

Tasik Host

Adapun lokasi server yang bisa anda pilih diantaranya, server US dan IX (Jakarta). Anda bisa mengunjungi alamat websitenya di tasik(.)in/blogger.

Review Tasikhost lebih lengkap bisa langsung ke bawah.

2. Jetorbit

Jetorbit menyediakan layanan hosting yang cepat dan lancar dengan unlimited domain yang bisa dihosting dalam satu akun. Paket hostingnya sendiri bersarkan nama-nama planet mulai dari Venus sampai Mars.

Harga hosting shared di Jetorbit mulai dari 7 ribuan hingga 60-an ribu perbulannya.

3. Qwords

Qwords adalah salah satu perusahaan hosting yang terkenal di Indonesia. Memiliki kantor cabang di empat kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Pengalaman saya sendiri sudah membeli beberapa domain maupun hosting disini baik untuk keperluan pribadi maupun client.

Paket yang ditawarkan Qwords sendiri adalah

  • Shared Hosting
  • Business Hosting
  • Wordpress Hosting
  • Maxx Hosting
  • Radio Streaming
  • VPS Hosting
  • Domain

Qwords adalah salah satu perusahan kena pajak (PKP) jadi jika anda membeli disana akan dikenakan PPn 10% dari total pembelian.

4. Niagahoster

Berdasarkan hostadvice, Niagahoster merupakan salah satu dari tiga perusahaan hosting yang mempunyai klien terbanyak. Dalam waktu yang singkat sejak berdirinya yaitu 2014, niagahoster telah mengumpulkan 30.000 pengguna.

Apa yang menyebabkan hal tersebut? Salah satunya adalah klaim mereka yang memberikan harga termurah dengan uptime 99.97%

Btw apa itu uptime? Singkatnya uptime adalah rata-rata waktu up/running sebuah hosting dalam satu bulan. Kita bahas mengenai uptime ini di artikel berikutnya

5. IDHostinger

Idhostinger adalah anak perusahaan dari perusahaan luar negeri yang dulu terkenal dengan hosting gratisnya, Hostinger.

Mereka menyediakan paket hosting mulai dari 3 bulan sampai dengan 3 tahun. Untuk harga sendiri tidak terlalu murah dibandingkan dengan paket hosting lainnya. Disini anda bisa mendapatkan domain .com gratis jika berlangganan hosting 1 tahun.

6. Idwebhost

Dengan lebih 75.000 pelanggan aktif sejak berdiri ditahun 2004, tentunya web hosting yang satu ini patut mendapatkan perhatian. Idwebhost memiliki lebih dari 100 hosting yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta dan US.

7. Sinarweb

Satu hosting lagi yang memiliki kantor di Yogkarta tepatnya daerah Berbah.

8. Dhyhost

9. Rumahweb

10. Domainesia

Review Layanan Hosting dari Tasik Host

Daftar Harga Layanan TasikHost

Tasik Host yang berkantor di Jakarta ini memiliki beberapa jenis layanan diantaranya :

  • Shared Hosting
  • Reseller Hosting
  • Cloud Hosting
  • VPS Hosting
  • Wordpress Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Pembelian domain .com, net .org, .id, dan .info

Tasik Host yang menjual Hosting murah dan Domain Gratis memiliki banyak keunggulan seperti :

Daily Backups

Seperti yang kita tahu backup adalah salah satu hal terpenting dalam dunia online tak terkecuali hosting. Hosting yang memiliki fasilitas backup harian memberikan kita ketenangan jika suatu saat terjadi hardware failure pada hosting yang kita sewa. Sudah banyak kejadian yang menimpa blogger Indonesia yang disebabkan hosting mereka gagal running. Yang pernah saya dengar dan fatal adalah projects.co.id salah satu website freelancer terkemuka di Indonesia.

30 Day Money Back Guarantee

Tidak banyak hosting yang memberikan garansi 30 hari pengembalian jika tidak puas dengan layanan mereka. Apalagi hosting di Indonesia, yang notabene masih menganut jika sudah membayar berarti sudah tau resikonya. Di TasikHost anda bisa mengajukan komplain dalam 30 hari dan meminta uang kembali.

Tapi biasanya ada S&K alias syarat dan ketentuan yang berlaku, untuk lebih jelasnya mungkin bisa baca halaman TOS dari Tasikhost

Support 24 Jam 365 Hari

Satu lagi hal krusial dalam memilih sebuah hosting adalah tersedianya layanan support yang bisa diandalkan. Sebuah layanan hosting yang baik menurut saya adalah yang supportnya membalas pertanyaan dan request yang saya ajukan dalam waktu beberapa jam atau kalau dalam hitungan menit akan lebih saya apresiasi lagi. (Tapi biasanya sangat jarang yang hitungan menit, hehehe)

Integrasi dengan Cloudflare

Cloudflare adalah layanan CDN yang terkenal yang dipakai jutaan website di seluruh dunia. Ada banyak fasilitas hosting yang mengintegrasikan layanan cloudflare kedalam cpanel mereka, Tasikhost salah satunya.

Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk blogger Indonesia silakan kunjungi website Tasik Host untuk mendapatkan harga terbaik dengan layanan yang prima.

Baca juga artikel menarik tentang travel malang juanda zhafira trans solusinya yang membahas tentang tips traveling ke Malang dan salah satu jasa travel dari Zhafira Trans.

Comments