Blog Buat Belajar

SEO, Blogging, Affiliate Marketing

Situs Pembangun Blog dan Komunitas Para Bloger Indonesia

- Posted in Review by

Situs Pembangun Blog dan Komunitas Para Bloger Indonesia - Artikel kali ini akan membahas tentang bloggerown.com salah satu blog builder indonesia terbaru yang ikut meramaikan kancah blog builder dalam negeri. Saat artikel ini dibuat ada sekitar 860 orang yang telah mendaftar dan memiliki blog disana, termasuk saya.

Seperti blog builder lainnya yang pernah saya jajal, bloggerown ini memiliki script yang sama dengan beberapa builder lainnya. Tapi saya belum tahu pake script apa, mungkin pembaca disini ada yang tahu?

Untuk mendapatkan alamat blog di blogger own cukup melakukan pendaftaran dengan membuka link pendaftaran yang ada dibagian home.

Sedikit kita ulik masalah homepagenya bloggerown, dibagian navigasi situs ada beberapa menu seperti :

  1. Kuis
  2. Obrolan
  3. Blog Katalog
  4. Whois
  5. Berita
  6. FAQ
  7. Hubungi Kami

Dibagian bawahnya ada list dari posting terbaru dari user bloggerown.

Saran untuk bloggerown : Coba edit tampilan home menjadi lebih menarik lagi. Memang sih blog builder indonesia ini dikhususkan untuk pengguna smartphone yang memerlukan tampilan minimalis. Tapi agar lebih banyak mendatangkan blogger baru tampilan yang lebih bagus bikin blognya lebih kredibel.

Lanjut ngulik daleman bloggerown

Halaman Dashboard Bloggerown

Setelah mendaftar dan memiliki blog akan muncul daftar blog yang pernah anda daftarkan. Di bloggerown anda bisa memilih untuk membuat blog baru tapi, ada tapinya lho. Anda hanya bisa membuat blog baru setelah 150 jam.

Saya ga tau maksudnya apa menunggu waktu selama itu, tapi prediksi saya agar blogger fokus di satu blog saja dulu dan meminimalisir untuk pembuatan blog spam.

Posting, Halaman dan Komentar

Jika anda ingin membuat posting anda harus klik link beralih setelah itu akan muncul menu "menulis posting"

Tampilan editor posting di bloggerown lumayan enak dilihat dan mudah, sama seperti tampilan blog builder lainnya.

Halaman blog untuk pengaturan posting, komentar, gambar

Oh iya, sebelum membuat posting pertama anda sebaiknya membuat kategori terlebih dahulu, karena menu untuk pembuatan kategori tidak muncul di halaman editor post.

Selain posting anda juga bisa memanage dan membuat halaman baru. Ini diperlukan untuk membuat halaman about, kontak, privacy policy dan sebagainya.

Di menu komentar anda bisa mengaprove atau mendelete komentar di postingan anda.

Untuk memasukkan gambar ke dalam postingan anda bisa menguploadnya terlebih dahulu di menu Berkas > Unggah

Salin link gambarnya kemudian masukkan di posting anda.

Pengaturan Template Bloggerown

Sayangnya pilihan untuk mengganti theme bagi yang ga ngerti koding belum ada, sehingga anda harus puas dengan tampilan default.

Tapi bagi anda bisa HTML dan CSS, bisa dengan mudah mengganti tampilan di menu Template Editor dan CSS Editor

Dapat duit dari Bloggerown

Selain ngeblog anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang anda pasang di blog anda. Anda bisa mengatur iklan di menu Lainnya > Periklanan

Salah satu kelebihan dari bloggerown ini, pengguna tidak dibatasi untuk memasang iklan apa saja. Yang diperlukan hanyalah kode iklan dari platform periklanan tersebut. Bisa menggunakan adsense, CPM, affiliate, dsb.

Posisi dari iklan nantinya akan di pasang di bawah atau diatas, karena saya belum pernah pasang iklan sepertinya iklan tersebut akan muncul dibawah atau diatas artikel (nanti kita coba)

Kesimpulan

Bloggerown.com sebagai situs komunitas blogger Indonesia cocok bagi anda yang sedang galau karena berita ditutupnya mywapblog. Saatnya beralih menggunakan produk besutan anak bangsa, sehingga blogger Indonesia semakin kreatif dan produktif.

Oh ya seperti yang anda lihat di screenshot itu adalah contoh blog saya yang didaftarkan ke bloggerown dengan alamat saya.doct.me

Comments