Blog Buat Belajar

SEO, Blogging, Affiliate Marketing

7 Tips Memilih Jasa Logistics dan Ekspedisi Pengiriman Barang

- Posted in Tips by

7 Tips Memilih Jasa Logistics dan Ekspedisi Pengiriman Barang - Menentukan jasa ekspedisi yang bagus saat ini susah-susah gampang. Karena banyak sekali layanan serupa yang menawarkan harga yang bervariasi sesuai dengan jenis layanan yang mereka miliki.

Pada era internet saat ini tentunya dibutuhkan ekspedisi yang cepat dan handal untuk melayani kebutuhan konsumen yang semakin lama semakin pesat. Dulu orang bisa saja puas dengan layanan POS Indonesia yang dikenal lambat (tapi sekarang pelayanan POS sudah jauh lebih baik). Tapi sekarang banyak yang menawarkan pengiriman satu hari baik dengan pesawat, kereta api, maupun bus.

Tips Memilih Jasa Logistik dan Pengiriman Barang

Bagi anda penjual online tentunya ingin memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen anda sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Anda tentu tidak mau menyerahkan barang anda kepada jasa ekspedisi yang tidak kredibel, karena itu juga berakibat langsung kepada nama baik anda sebagai penjual.

Nah untuk meminimalisir hal ini, kami memberikan beberapa tips yang bisa anda jadikan patokan untuk memilih dan menentukan, perusahaan apa saja yang bagus anda jadi partner dalam pengiriman.

Kami sebelumnya sudah memberikan beberapa tips yang bisa anda baca disini :

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya di Indonesia untuk Anda

Pada artikel diatas anda akan menemukan satu perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1969 dan memiliki rekam jejak yang sangat bagus.

Inilah tips memilih jasa logistics dan ekspedisi barang

1. Jangkauan Layanan Pengiriman

Sesuaikan domisili dari pembeli anda dengan layanan logistik yang anda pilih. Karena setiap layanan logistik memiliki jangkauan yang berbeda. Jika konsumen anda berada di daerah yang terpencil, gunakan layanan POS yang berada hampir diseluruh kecamatan di Indonesia.

Jangkauan Pengiriman Barang

Alternatifnya anda bisa menggunakan JNE dan TIKI. Untuk yang berada di daerah Jawa dan lokasi anda sendiri juga berdomisi di Pulau Jawa anda bisa menggunakan layanan logistik cepat yang bisa satu hari sampai. Ada banyak pilihan untuk pengiriman di Jawa.

2. Tanggung Jawab Berupa Jaminan Kehilangan dan Asuransi

Kehilangan barang dan keterlambatan adalah salah satu resiko yang dialami oleh setiap layanan ekspedisi. Oleh karena itu jika anda memilih perusahaan jasa pengiriman barang, lihat jaminan yang mereka berikan dan apakah mereka juga menyediakan layanan asuransi.

Barang-barang seperti gadget, elektronik, dan barang mahal seharusnya diasuransikan sehingga anda dan pembeli merasa aman.

3. Minta Rekomendasi dari Teman

Beberapa teman sesama penjual online tentunya pernah mencoba beberapa jasa pengiriman barang. Anda bisa meminta saran dari pengalaman mereka, layanan mana yang memberikan harga bagus dan jaminan/garansi.

Anda bisa menanyakan ke beberapa penjual online lainnya agar mendapatkan data yang lumayan akurat yang bisa anda jadikan patokan untuk memilih jasa ekspedisi terbaik.

4. Customer Service

Perusahaan yang memiliki customer service adalah sebuah nilai plus apalagi yang beroperasi di bidang jasa. Customer service adalah hal yang paling penting dalam membentuk image sebuah perusahaan.

garansi dan jaminan

Anda membutuhkan customer service ketika menanyakan harga pengiriman, tracking barang, dan komplain. Jadi pastikan layanan customer mereka bisa dihubungi dan aktif agar anda mudah berinteraksi dengan perusahaan tersebut.

5. Tracking Online

Layanan ekspedisi seperti POS, JNE, TIKI, Wahana, Sicepat dan hampir sebagian besar jasa kurir lainnya memiliki fitur tracking online. Dengan fitur ini anda bisa memberitahukan kepada konsumen anda barang tersebut baru sampai dimana, sehingga miskomunikasi bisa dihindari.

Bila anda mengirim barang dalam jumlah besar , anda membutuhkan layanan customer service untuk menanyakan status barang anda.

6. Riset Beberapa Perusahaan Pengiriman Barang

Seperti yang disebutkan diatas sekarang banyak jasa logistik dan pengiriman barang yang bermunculan. Setiap perusahaan tersebut memiliki pelayanan dan karakteristik yang berbeda.

Pilih beberapa perusahaan jasa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika ingin pengiriman cepat dan langsung diantar kerumah, gunakan jasa JNE YES, atau POS Express.

Jika barang yang dikirimkan dalam jumlah besar dan ingin menekan biaya pengiriman gunakan jasa kargo dan pengiriman lewat laut.

7. Harga

Tips terakhir dan tak kalah pentingnya adalah berapa harga yang mereka tawarkan. Anda harus jeli melihat harga yang diberikan karena biasa memiliki impact kepada lama pengiriman barang tersebut.

Harga yang bersaing

Pilih layanan yang memberikan jasa serupa tapi dengan harga yang lebih murah. Itulah gunanya riset yang kami sebutkan di tips no 6.

Anda juga perlu berdiskusi dengan konsumen jasa apa yang mereka inginkan. Apakah mereka perlu barang itu cepat atau bisa menunggu.

Jauh tidaknya pengiriman barang tersebut juga mempengaruhi harga.

Itulah 7 tips yang bisa anda terapkan dalam mencari perusahaan jasa logistik dan pengiriman barang terpercaya.

Sebagai referensi anda juga bisa membaca artikel Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang yang memuat tentang salah satu jasa ekspedisi PT. 3PE yang miliki banyak armada dan mitra yang berada di seluruh Indonesia.

Comments